Berita

Tingkatkan Layanan Wisata di Jabar

Arba Tour Perum DAMRI Teken MoU

Posted By | Jumat, 17 Maret 2017

SOEKARNO HATTA, (GM).-

Demi  meningkatkan kualitas pelayanan dan pemasarannya di sektor pariwisata, Perum DAMRI Bandung menggandeng Arba Tour sebagai salah satu travel yang fokus bergerak di bidang haji dan umrah selain wisata konvensional.

Penguatan kerjasama di antara kedua institusi tersebut diwujudkan dengan penandatanganan piagam kerjasama (PKS) yang dilakukan General Manager (GM) Perum DAMRI Cabang Bandung Indra Darmawan bersama Direktur Utama (Dirut) Arba Tour Mohammad Rizqi Fabianto di Kantor Perum DAMRI di Jln. Soekarno Hatta, Gedebage, Bandung, Jumat (17/3).

Penandatanganan PKS tersebut disaksikan seluruh pejabat dari kedua instansi  dengan isi perjanjian secara umum berisikan tiga kesepakatan. Pertama, Perum DAMRI Cabang Bandung menyiapkan sarana angkutan yang akan digunakan Arba Tour & Travel untuk kepentingan haji dan umrah maupun keperluan wisata lainnya sesuai dengan kesepakatan.

Kedua, Perum DAMRI Cabang Bandung membuka kantor cabang atau pun counter informasi dan pendaftaran haji dan umrah di sejumlah tempat penjualan tiket DAMRI di wilayah Jawa Barat sesuai kesepakatan. Begitupun sebaliknya, Arba Tour akan ikut memperkenalkan dan menjual produk DAMRI.

Terakhir, Perum DAMRI Cabang Bandung dan Arba akan melakukan kerjasama branding di jalur-jalur milik DAMRI, termasuk menyebarkan brosur, pemasangan stiker dan penayangan video manasik haji dan umrah di bus DAMRI.

GM Perum DAMRI Bandung Indra Darmawan mengatakan, kerjasama yang terjalin ini diharapkan membawa perubahan yang sangat mendasar bagi DAMRI Bandung yang mulai fokus membidik bisnis pariwisata. “Kita menyiapkan sebelas bus khusus yang nantinya akan melayani pariwisata dengan berbagai tujuan, baik di wilayah Jawa Barat maupun wilayah lainnya di Tanah Air,” ungkapnya.

Indra merasa yakin, keberadaan bus wisata baru tersebut, mampu menjadi daya tarik dan alternatif angkutan wisata di Jawa Barat. “Kita sengaja mendesain  secara khusus bus wisata ini agar tampak elegan dan memiliki daya tarik bagi siapa pun yang melihatnya. Kita memang ingin mengubah paradigma dan imej DAMRI yang dari waktu ke waktu terus berubah sesuai dengan tagline di tahun 2017 ‘Berubah dengan Kualitas’,” tegasnya.

Merasa optimistis

Sementara itu, Dirut Arba Tour Mohammad Rizqi Fabianto mengatakan, pihaknya merasa sangat bersyukur dapat melakukan kerjasama dengan DAMRI yang selama 71 tahun sudah sangat konsen menjalani bisnis transportasi di Indonesia.

“Ini merupakan momentum bagi kita untuk maju dan berkembang bersama DAMRI. Kita yakin dan optimistis bersama DAMRI, Arba bakal mampu memberikan yang terbaik bagi jemaah haji maupun umrah. Termasuk dalam memberikan layanan wisata konvensional lainnya. Siapa sih yang tak kenal dengan DAMRI yang sudah sangat lama melayani bisnis transportasi di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Rizqi yang juga Kepala Bidang Humas Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Jabar, melalui kerjasama ini diharapkan baik DAMRI maupun Arba mampu bersinergi lebih baik lagi ke depan.